Rabu, 13 Desember 2017

Pengertian IDE (Integrated Development Environment)



Apasih sih IDE itu? IDE (Integrated Development Environment) adalah sebuah aplikasi shoftware yang menyediakan berbagai fasilitas atau fitur untuk seorang programer dalam membuat sebuah program. Umumnya dalam sebuah IDE terdiri dari source code editor, build automation tools dan debugger.

Ada banyak sekali IDE yang tersedia untuk memproses berbagai bahasa pemrograman yang banyak juga. Namun kali ini berhubung saya mempelajari bahasa C++ dalam mata kuliah Algoritma dan Pemrograman yang saya ambil di kampus, mari kita sedikit ulas mengenai IDE yang digunakan untuk bahasa pemrograman C++ dan C. Banyak IDE yang bisa digunakan dalam memproses bahasa C, bisa pakai DJGPP, DevC++, atau Visual C++ Express Edition. Dari ketiganya yang saya pakai DevC++ karena selain fiturnya yang lengkap, yang terpenting software ini gratis, jadi tidak usah memakai patch, crack, dkk. untuk mendapatkan fitur lengkap dari IDE ini, jadi insyaallah ilmu yang kita dapatkan juga berkah :D hehehe.... Itu untuk OS Windows ya, untuk OS linux katanya tidak memerlukan IDE karena sudah ada di dalam OS linux itu sendiri (tapi saya sendiri belum mencobanya sih)

Berikut adalah penampakan DevC++
















Sama halnya dengan IDE yang lain seperti yang sudah dijelaskan diatas, bedanya DevC++ ini dikhususkan untuk bahasa pemrograman C dan C++. DevC++ ini dapat dapat mencompile program C++ dari format C (.c) ke dalam bentuk execute (.exe) yang bisa di run seperti pada gambar di atas.

Mungkin cukup sekian untuk post kali ini
Semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama
See you next time!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar